Radio dan Kenangan

Membolak balik foto lama di rumah akhirnya menemuka  yang satu ini, sangat nostalgik, romantik, ndesit. Ini adalah foto ibunda dengan radio milik keluarga kala itu, Philips BIN427A.  Di balik foto tertera tanggal 16 November 1972, berarti saat itu saya baru berbentuk janin 1 bulan.

Seiring waktu radio tersebut akhirnya rusak. Sayangnya ketika coba direparasi saudara yang membuka bengkel TV radio hilang entah kemana. Konon karena tak sanggup diatasi oleh mekanik modern. Meski menghilang kenangan akan bentuknya yang khas terus mengendap hingga dewasa. Sebagai balita yang saya ingat adalah tombolnya yang luar biasa besar dan berjejer banyak.  Dan tentu saja masa masa indah yang menyertainya, kala semua masih sederhana.

Bertahun tahun kemudian barulah kerinduan saya tertuntaskan. Bulan Juli 2006  saya berhasil mendapatkan radio sejenis dengan harga Rp 300,000. BIN427A akhirnya melengkapi sekeping kenangan yang susah payah saya satukan bersama puluhan radio lainnya. Kenangan, selalu kita butuhkan untuk menatap ke depan.