Serial Philips dari 1939

Philips 1939

Pernahkah Anda mendengar istilah Philips Carmen? atau Philips Trocadero?

Di akhir ’30an Philips merilis beberapa tipe radio a.l 256A, 307X, 419X, 306A, 282A. Radio radio tersebut kemudian dipasarkan di Ned.Indie dengan mengambil nama opera di Barat yakni berturut turut Aida, Carmen, Faust, Trocadero, dan Victoria. Jadi itu muasalnya.

Belakangan istilah tersebut juga dilabelkan pada radio radio yang memiliki disain yang mirip dengannya. Mungkin untuk kepraktisan saja mengingat sebelum informasi dating radio Philips beredar luas di internet tidak bnyk orang yang tahu arti dibalik angka-angka/nomer tipe radio Philips.

Kembali ke nama opera tadi, ternyata dalam perjalanan waktu hanya tiga nama yang cukup populer yakni Aida, Carmen, dan Trocadero, sisanya entah kenapa menghilang. Nama Victoria malah menjadi “radio tengkorak” gara gara bentuknya yang mirip tulang rusuk manusia.

Sejauh ini radio yang pernah saya lihat dan pegang adalah Aida, Carmem, Trocadero, dan Victoria. Yang AIDA sudah ditulis di sini. Sisanya nunggu ya. Soalnya masih tersimpan rapi di rumah teman teman kolektor nunggu untuk disapa.

 

sumber: http://www.nvhr.nl