Eddystone 840C

Eddystone 840c-1

Kadang kadang saya menemukan radio “unik”, “tidak umum”, di pasaran. Tidak umum karena jarang sekali atau sulit untuk menemukannya bila sengaja mencari, unik karena bentuknya.

Kali ini adalah radio dari daratan Inggris, Eddystone S840C. Namanya saja sudah sangar, Eddystone! Bayangan saya adalah tumpukan batu, kokoh,kuat. Tapi lain waktu kok kayak nama pemadat, junkies, ya?

Nama lengkap sebenarnya adalah Eddystone Mariner Radio. Diproduksi sebagai bagian perusahaan Stratton and Company, Ltd. Sejarah perusahaan itu sendiri sudah dimulai sejak 1860 di Birmingham Inggris sebagai produsen alat alat kecantikan!

Seiring perubahan gaya kecantikan dan selera para lelaki Inggris di awal abad 20 maka perusahaan memutuskan membuat lini bisnis baru yakni radio penerima pada 1923. Nama “Eddystone” itu sendiri diambil dari nama menara suar yang terkenal di Plymouth, Inggris. Menara suar dipilih karena melambangkan ketangguhan, daya tahan, dan sebagai simbol yang mudah diingat.

Awalnya mereka memproduksi spare part radio tetapi dengan cepat diputuskan untuk sekalian saja membuat utuh radio penerima. Radio Eddystone kemudian banyak berperan dalam sejarah Inggris: menyuplai radio penerima dan pemancar untuk pemerintah, polisi, pelayaran, dalam masa perang dan damai.

Tipe S840C dibuat pada awal 60an. Dibuat sebagai “Cabin Receiever” atau radio untuk kapal, pelayaran. Model ini didisain bekerja dengan tegangan AC maupun DC. Sebagai sarana komunikasi pelayaran maka tipe ini dibuat untuk menerima gelombang dari 500kHZ hingga 30MHZ.

Eddystone radio 840c

Termasuk di dalamnya adalah gelombang Amatir melalui penggunaan fitur BFO (untuk CW dan SSB) dan RF gain control. Boleh dibilang tipe ini termasuk golongan “Communication Receiver Radio”.

Eddystone 2

Yang luar biasa adalah ujud fisiknya. Benar benar kokoh dan berat! Kotak luar terbuat dari besi abu abu. Pegangan (handle) depan dari aluminium solid, kaca depan tebalnya mencapai 5mm (atau lebih, jika tak salah ingat).

30112012233
30112012235

Bagian dalam mesin sebagian besar terbuat dari unsur metal yang rigid. Semua komponen termasuk tabung dibuat seperti melekat erat sehingga jika radio jatuh pun tidak ada bagian yang lepas. Mesin dan kotak luar dipisahkan melalui isolator pada tiap sudutnya untuk mengurangi resiko tersengat aliran listrik.

01122012252

Dan beratnya, aduh gila, mencapai 13,4Kg! Gara-gara itu pula urat punggung saya keseleo karena salah mengangkat. Butuh waktu bulanan dan pijit urat rutin untuk menyembuhkannya. Bahkan hingga sekarang (2014) saya masih melakukan terapi renang untuk memulihkan kondisi. Ah benar-benar radio gila kalau saya mengingatnya.

30112012240

Kembali ke radio, yang saya sukai adalah mekanisme tuningnya. Putarannya terasa halus dan lama putarannya, cocok untuk memilah siaran pemancar dengan lebih ditil diantara ribuan stasiun.

Radio dibuat bekerja pada tegangan 110V. Jika memilih 220V maka tegangan akan diturunkan melalui R dropper hijau raksasa yang akan membuat panas kotak dalam beberapa menit pemakaian.

 30112012242

eds-5

Bagaimana kualitas penerimaannya? Saat pertamakali selesai reparasi dan overhaul HT caps penerimaannya kurang memuaskan. Padahal tabung-tabung sudah saya pilih yang terbaik emisinya kok masih kurang peka.

Karena penasaran radio saya bawa ke seorang rekan radio amatir. Disana radio dicolokkan dengan antena khusus dan wahhh….akhirnya perbincangan di 41M, 31M, dan band amatir lainnya tertangkap baik.

Sinyal SSB (Seperti Suara Bebek hehehe) bisa diurai oleh BFO radio ini. Sinyal CW (morse) dan denyut penanda waktu internasional juga tertangkap jelas. Dan tentu saja gelombang AM (broadcast) tidak ada masalah.

Sayangnya, radio segarang ini sepertinya kurang pas untuk ditempatkan di rumah saya.  Terlalu besar, terlalu berat, dan berbahaya tentu. Jika ditaruh di rak harus ada koleksi penyeimbang agar pas,  jika ditaruh dibawah malah jadi onggokan besar yang menghalangi pandangan.

Belum lagi kalau si kecil iseng menyentuh, wah dengan berat 13 kg tentu amat mengerikan! Akhirnya radio saya relakan lepas kembali ke pasar untuk dirawat penggemar lainnya.

Bagaimanapun juga saya sudah cukup puas membangkitkan kembali radio unik ini dari mati suri. Dari keadaan mati total dan kotor berat kembali ke keadaan layak pajang dan nyala. Semoga pemilik barunya masih merawat dengan baik.