Dokumentasi Servis 25 Radio Buatan Indonesia

Dokumentasi Service 25 radio-1

Buku Service Radio-2

Buku Service Radio-3

Buku rilisan P.N. Ralin Jakarta pada 1961 ini wajib dimiliki jika ingin mereparasi sendiri radio tabung khususnya merk Philips era BIN.  Memuat 25 skema radio Philips dari akhir 40 hingga 60-an dengan tebal mencapai 150 halaman lebih dengan lampiran lampirannya.

Setiap radio ditampilkan tak hanya skema tapi juga diagram pengawatan, panduan memasang tali gelombang, daftar komponen, dan petunjuk menyeting ulang penangkapan.

Semua radio Philips dengan marking BIN ada dalam buku ini, misal model cacah gori (BIN208U), palang (BIN386U), manik manik (BIN427A). Termasuk juga radio dengan baterai seperti BIN205B, BIN236B, BIN336B, dan lain lain. Termasuk radio phono yang langka: HIN428A.

Tapi saya sebenarnya masih ragu apakah benar semua BIN sudah tercantum karena model B3IN57B dan BIN716X  tidak ada. Mungkin dalam perkembangan waktu akan ditemukan tipe tipe BIN lain yang tidak tercatat seperti dokumen di atas.

Saking lengkapnya buku ini juga bisa menjadi panduan bagi Anda yang ingin mengoleksi radio BIN dan melacak orisinalitasnya. Misal bagaimana bentuk knobnya, kelengkapannya (saklar on off lampu,saklar gelombang), termasuk apakah radio sudah dimodif atau belum.

Buku ini sebenarnya pegangan untuk bagian servis perusahaan Ralin (Radio Listrik Indonesia, nama nasionalisasi dari Philips NV Belanda), sehingga kala itu hanya orang orang tertentu yang memiliknya.

Saya sendiri tidak punya aslinya melainkan fotokopi dari seorang senior teknisi. Maklumlah, dulu buku ini terhitung langka dan mahal jika ada. Dengar-dengar mencapai Rp 200,000 lebih di pasaran online. Tapi dengan fotokopian itu sudah cukup bagi saya untuk belajar dan mempraktekkannya langsung ke radio.

Berkat bantuan sahabat jadulan, mas Edo dan buku pinjaman mas Joni Aryo Tejo akhirnya buku berhasil di digitalisasikan  dalam format .pdf. Dengan kemajuan teknologi maka informasi yang sebelumnya terbatas kini berpotensi tersebar ke seluruh dunia.

Karena itu pula file saya kirim ke pengelola situs-situs penyedia skema radio tabung, antara lain ke Om Albert Zwaagstra di http://www.radiotechniek.nl dan Om John Hupse di http://www.nvhr.nl. Semoga akan lebih banyak orang yang peroleh manfaat.

Anda juga bisa mengunduh sendiri dengan mengklik link di bawah dengan masing masing berurutan sebesar 3.58MB, 3.55MB, 2.89MB.

Sekedar catatan, untuk skema radio Philips BIN208U memang tidak menyertakan gambar diagram pengawatan. Anda bisa memperoleh persamaanya dengan membuka skema BX200U di http://www.radiotechniek.nl atau situs lainnya.

Selamat mengunduh.

Philips Schema’s part I

Philips Schema’s part 2

Philips Schema’s part 3